Lemas Bekerja Saat Puasa? Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur!

9 Juli 2015

Lemas dan mengantuk di jam kerja menjadi masalah biasa yang dihadapi hampir semua pekerja saat bulan puasa. Tentunya Anda juga pernah mengalaminya kan, sobat pro safety?

Bekerja saat puasa, tubuh membutuhkan energi lebih agar Anda tidak mudah merasa lemas atau mengantuk. Maka dari itu, Anda harus mengubah beberapa kebiasaan agar tetap produktif saat bekerja di bulan puasa. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan mengonsumsi beberapa makanan pemicu kelelahan berlebih, di antaranya:

  1. Makanan dan minuman dengan pemanis alami atau buatan. Makanan dan minuman berpemanis yang mengandung banyak gula hanya akan memberikan energi di awal saja, lalu kembali menyerap energi tersebut dengan cepat. Itulah alasannya mengapa setelah Anda mengonsumsi makanan dan minuman berpemanis tubuh akan merasa lemas dan lapar sesudahnya.
  2. Roti dan sereal. Makanan ini mengandung karbohidrat yang mudah terbakar saat beraktivitas dan mengendap apabila didiamkan. Oleh karena itulah, tubuh cenderung menjadi cepat lemas ketika bekerja saat puasa.
  3. Teh, kopi, dan minuman berenergi. Kandungan kafein pada minuman tersebut membuat tubuh mudah dehidrasi. Produksi asam di lambung juga akan meningkat apabila minuman tersebut dikonsumsi dalam keadaan perut kosong saat sahur atau berbuka.
  4. Makanan yang digoreng dan berminyak. Kandungan lemak yang banyak pada makanan berminyak ternyata lebih sulit dicerna tubuh. Perlu tambahan gula darah dan energi agar tubuh dapat mencernanya dengan baik. Otomatis, tubuh pun terasa mudah lelah dan mengantuk akibat kurangnya aliran darah pada tangan dan kaki.
  5. Daging merah dan unggas. Sama seperti halnya makanan berminyak, daging merah juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga akan lebih menguras energi tubuh. Mengonsumsi makanan yang berasal dari produk unggas, seperti kalkun juga sebaiknya dihindari saat sahur. Kandungan asam amino di dalamnya dapat menyebabkan kantuk dan lemas selama berpuasa.

Ingin tubuh tetap aktif dan bersemangat saat bekerja? Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan dan minuman di atas saat santap sahur ataupun berbuka ya, sobat pro safety.

Selamat berpuasa!

By Copywriter PT Safety Sign Indonesia




Baca juga
1 Maret 2016
Di Negara Ini, Anak Diajarkan "Rasa Malu" Jika Menyerobot Antrean, Bagaimana dengan Indonesia?
Bagaimana rasanya jika kita sedang mengantre tiba-tiba ada orang yang menyerobot antrean tanpa permisi atau karena alasan keadaan darurat?

1 Juni 2015
Berhenti Bekerja Jika Tidak Mau Terserang Penyakit Ini!
Segera berhenti bekerja atau Anda jadi korban selanjutnya! Saat ini, kasus pekerja yang menderita alergi akibat lingkungan kerja terus meningkat. Secara global, asma menjadi reaksi alergi terbanyak di lingkungan pekerja.

27 Mei 2015
Selamat! Fadeli Kembali Raih Penghargaan K3
Lagi, Bupati Lamongan, H Fadeli kembali memperoleh penghargaan sebagai pembina terbaik dalam Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3). Penghargaan tingkat Jawa Timur itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim, Soekarwo Negara Grahadi Surabaya, Rabu (22/4) lalu.

26 Mei 2015
Kecelakaan Kerja Hulu Migas di Indonesia Masih Tinggi, Kenapa?
Angka kecelakaan kerja pada kegiatan hulu migas di sepanjang 2014 mencapai 159 kejadian. Di tahun sebelumnya, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat angka kecelakaan kerja mencapai 183.

25 Mei 2015
Bekerja Sambil Berdiri, Ini Dia Risikonya!
Beberapa pekerjaan, seperti pekerja pabrik atau teknisi mengharuskan seseorang berdiri hingga berjam-jam. Kondisi ini ternyata bisa menimbulkan beberapa efek terhadap kesehatan.

Pembayaran

  • BCA
  • No. Rek 777 – 0876553
    An. PT SAFETY SIGN INDONESIA

Tentang Kami

PT Safety Sign Indonesia 

Ruko Maple Kav E
Jl. Raya Gunung Batu No. 201
Bandung 40175
Jawa Barat - Indonesia

  • Phone 1 : 022 8606 5300 
  • Phone 2 : 022 601-0505
  • Mobile 1 : 0817 215 215
  • Mobile 2 : 0811 2257 997
  • Fax       : 022 2003 684 
  • Email    : [email protected]

fb icon Linkedin

© Safety Sign Indonesia. All Rights Reserved.